Monday, April 29, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7 RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7
RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4 
 

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I

Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.4. Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi
kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama

Indikator :
  • menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
  • menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
  • menunjukkan terhadap pewarisan nilai-nilai 1945 (semangat perjuangannya)
  • menentukan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan


Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
4. menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan

B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
- menghormati bendera merah putih
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun tujuan khusus
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
- menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
- menghargai perbedaan pendapat
- menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
- mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
- menaati tata tertib sekolah
- Giat belajar
- Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 3

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I

Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.3 Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
Indikator
  • Menjelaskan makna proklamasi bagi bangasa Indonesia
  • Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945

Alokasi waktu : 2X 40 menit (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia secara mandiri dan penuh percaya diri
2. Menjelaskan hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945denganberfikir logis,
kreatifdan inovatif

B. Materi Pembelajaran
1. Makna proklamasibagi bangsa Indonesia
- merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia
- jembatan emas menuju cita-cita nasional
- titik jebloknya hokum colonial dan berlakunya hokum nasional
- tonggak berdirinya NKRI
2. Hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
- proklamasi merupakan pernyataan kemerdekaan secara padat dan singkat, maka pembukaan UUD 1945 merupakan penegasan secara rinci dari proklamasi
- pembukaan UUD 1945 menjabarkan proklamasi yaitu tentang dasar Negara, bentuk Negara, tujuan Negara, serta system pemerintahan Negara. Jadi pembukaan UUD 1945 merupakan langkah untuk melaksanakan amanat proklamasi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
(RPP 2 Bagian 2) 


Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I  (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2)
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
Indikator :
  • Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945
  • Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan dengan singkat suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara mandiri dan tanggung jawab
2. Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dengan berfikir kreatif,inovatif dan percaya diri
B. Materi Pembelajaran
1. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
UUD Negara manapun tidak dapat kalau hanya dibaca teksnya saja, untuk mengerti maksudnya kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya teks tersebut, harus diketahui keterangannya dan juga harus diketahui dalam suasana bagaimana teks tersebut dibuat
2. Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
- menetapkan RPHD sebagai pembukaan hokum dasar (penbukaan UUD 1945) yang didalamnya dimuat rumusan Pancasila
- menetapkan RHD sebagai hokum dasar (batang tubuh UUD 1945)
- untuk sementara waktu presiden dibantu sebuah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
- memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden
- menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
- sebelum terbentuknya MPR/ DPR tugas Presiden dibantu oleh KNIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN SMP 7 RPP 2 BAGIAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
RPP PKN SMP 7 RPP 2 BAGIAN 1

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 1
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
Indikator
  • Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalammencapai kemerdekaan
  • Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
  • Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik
proklamasi kemerdekaan secara mandiri dan bertanggung jawab.
2. Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dengan percaya diri dan tanggung jawab
3. Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab.
4. Menjelaskan sikap positif dalam mengisi kemerdekan dengan penuh percaya diri

B. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
Tiga setengah tahun sebelum kemerdekaan, jepang menjajah Indonesia. Lepasnya jepang dari Indonesia karena negaranya di bom atom oleh amerika serikat. Jadi dengan terpaksa jepang harus pulang ke negaranya dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan ( vacum of power). Dengan kekosongan kekuasaan itu dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaanya.
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Bagi bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti yang sangat penting:
- sebagai puncak perjuangan bangsa dan Negara merdeka sekaligus titik awal perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
- Proklamasi menandai lahirnya Negara RI dan berlakunya tata hokum Indonesia dan tidak berlakunya hokum colonial
- proklamasi merupakan titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat sekaligus titik awal sejarah pemerintahan indonesia
3. Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Proklamasi kemerdekaan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap dan pemikiran bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu diharapkan dapat pula tertanam pada diri kita semua sebagai generasi selanjutnya. Dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia kita sudah bebas dari penjajahan dan bebas menentukan langkah selanjutnya sebagai sebuah bangsa. Kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945 hendaknya menjadikan kita bersemangat untuk mengisinya. Partisipasi rakyat sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia agar bangsa dan negara Indonesia dikenal oleh dunia.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN 1 Bagian 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
(RPP 1 Bagian 3) 

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I (rpp pkn smp kelas 7 rpp 1 bagian 3)
Standar kompetensi :1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
Kompetensi Dasar : 1. 3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istia
dat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermayarakat, berbangsa dan bernegara
Indikator :
  • Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
  • Menganalisa akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat.

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan percaya diri dan tanggung jawab.
2. Menganalisa akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan berfikir kritis dan logis.

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN RPP PKN SMP KELAS 7 BAGIAN 2

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
RPP PKN SMP KELAS 7
(RPP 2)

Nama Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII / satu (rpp pkn smp kelas 7 bagian 2)
Standar kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga
negara
Indikator
Menjelaskan pengertian hukum
Menjelaskan pembagian hukum publik dan hukum privat
Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat
Menyebutkan unsur-unsur hukum
Menjelaskan ciri-ciri hukum
Menyebutkan tujuan hukum secara umum
Menjelaskan arti penting hukum bagi warga negara
Menjelaskan pengertian warga negara
Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi waktu : 6 X 40 menit (3 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum dengan tepat dengan percaya diri
2. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum publik dan hukum privat dengan percaya diri,kritis dan logis
3. Siswa dapat menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat dengan percaya diri dan logis
4. siswa dapat menyebutkan unsur-unsur hukum dengan penuh percaya diri
5. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri hukum dengan percaya diri,kritis dan logis
6. Siswa dapat menyebutkan tujuan hukum secara umum dengan berpikir kritis dan logis
7. Siswa dapat menjelaskan arti penting hukum bagi warga negara dengan percaya diri,kritis dan logis
8. Siswa dapat menjelaskan pengertian warga negara dengan penuh percaya diri,kritis dan logis
9. Siswa dapat menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari- hari dengan penuh tanggung jawab

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan RPP PKN SMP Kelas 7 - 1

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
RPP PKN SMP KELAS 7
(RPP 1)

Nama Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII / satu (rpp pkn smp kelas 7)
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat

Indikator :
Menjelaskan pengertian norma
Menjelaskan tujuan norna
Menjelaskan -macam norma
Menjekaskan sanksi norma
Menjelaskan akibat melanggar norma
Menjelaskan contoh-contoh norma
Menjelaskan sumber masing-masing norma

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
  • Menjelaskan pengertian norma secara mandiri dan penuh percaya diri
  • Menjelaskan tujuan norma dengan berfikir kritis dan logis
  • Menjelaskan fungsi norma dengan penuh percaya diri,berfikir kritis dan logis
  • Menguraikan macam-macam norma dengan penuh percaya diri
  • Menjekaskan sanksi norma dengan jujur dan tanggung jawab
  • Menjelaskan akibat melanggar norma dengan jujur, disiplin dan penuh tanggung jawab
  • Menjelaskan contoh-contoh norma dengan berfikir kritis dan logis
Menjelaskan sumber masing-masing norma dengan penuh percaya diri
  1. Materi Ajar
  • Pengertian norma
Norma adalah aturan atau kaidah yang di gunakan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat.
  • Tujuan norma
Adalah untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian di dalam masyarakat.
  • Fungsi norma
Adalah untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seseorang harus bertindak dalam masyarakat serta perbuatan-perbuatan mana yang harus dijalankan dan mana yang harus ditinggalkan atau dihindari.
  • Macam-mcam norma