RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
RPP PKN SMP KELAS 7
(RPP 1)
Nama
Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII / satu (rpp pkn smp kelas 7)
Standar
Kompetensi : 1.
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.1
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat,
peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
Menjelaskan
pengertian norma
Menjelaskan
tujuan norna
Menjelaskan
-macam norma
Menjekaskan
sanksi norma
Menjelaskan
akibat melanggar norma
Menjelaskan
contoh-contoh norma
Menjelaskan
sumber masing-masing norma
Alokasi
Waktu : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )
- Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian norma secara mandiri dan penuh percaya diri
- Menjelaskan tujuan norma dengan berfikir kritis dan logis
- Menjelaskan fungsi norma dengan penuh percaya diri,berfikir kritis dan logis
- Menguraikan macam-macam norma dengan penuh percaya diri
- Menjekaskan sanksi norma dengan jujur dan tanggung jawab
- Menjelaskan akibat melanggar norma dengan jujur, disiplin dan penuh tanggung jawab
- Menjelaskan contoh-contoh norma dengan berfikir kritis dan logis
Menjelaskan
sumber masing-masing norma dengan
penuh percaya diri
- Materi Ajar
- Pengertian norma
Norma
adalah aturan atau kaidah yang di gunakan untuk mengatur tingkah laku
manusia dalam masyarakat.
- Tujuan norma
Adalah
untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian di dalam masyarakat.
- Fungsi norma
Adalah
untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seseorang harus
bertindak dalam masyarakat serta perbuatan-perbuatan mana yang harus
dijalankan dan mana yang harus ditinggalkan atau dihindari.
- Macam-mcam norma
- Norma agama yaitu peraturan yang berisi perintah dan larangan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama bersumber dari kitab suci. Pelanggaran terhadap norma agama berupa sanksi siksaan Tuhan di akhirat kelak.
- Norma kesopanan yaitu peraturan hidup yang timbul dari pergaulan hidup manusia dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan pergaulan hidup sehari-hari. Norma kesopanan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan seseorang dalam masyarakat. Sansi dari pelanggaran norma kesopanan berupa celaan dan pengucilan dari lingkungan masyarakat.
- Norma kesusilaan yaitu peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia yang menjadi pedoman sikap dan perbuatannya. Norma kesusilaan dapat digunakan untuk menetapkan baik buruknya suatu perbuatan manusia dan turut memelihara ketertiban manusia dalam masyarakat. Sanksi pelanggaran norma kesusilaan adalah adanya rasa malu dan menyesal terhadap dirinya sendiri.
- Norma hokum yaitu aturan tertulis maupun tidak tertulis yang berisi perintah atau larangan yang memaksa dan akan menimbulkan sanksi yang tegas bagi setiap orang yang melanggarnya. Peraturan ini dibuat oleh penguasa Negara, isinya mengikat semua warga Negara. Pelaksanaannya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat Negara. Sanksi atas pelanggaran norma hokum adalah berupa ancaman hukuman ( kurungan, denda, penyitaan, dll )
- Sanksi norma
Sebagaimana
telah dijelaskan diatas, sanksi terhadap pelanggaran norma adalah :
- norma agama berupa siksaan dari Tuhan kelak di akhirat
- norma kesopanan berupa celaan dan pengucilan dari masyarakat lingkungannya
- norma kesusilaan berupa rasa menyesal,malu, was-was, dll
- norma hukum berupa ancaman hukuman ( kurungan, denda, penyitaan, dll )
- Akibat yang ditimbulkan dengan adanya pelanggaran norma
- adanya pelanggaran hak
- meningkatnya angka kejahatan
- terciptanya keresahan dalam masyarakat
- hilangnya rasa keadilan dalam masyarakat
- tumbuhnya sikap saling mencurigai
- adanya konflik yang berbau SARA
- Contoh-contoh norma
- norma agama:
- larangan untuk melukai dan membunuh ( semua ajaran agama )
- dilarang untuk mencuri, berzina, bermabuk-mabukan dan berkata kotor
- perintah untuk berbakti kepada orang tua
- larangan untuk meninggalkan ibadah karena akan mendapat dosa
- perintah untuk menghormati orang yang lebih tua
- norma kesopanan:
- jangan menyela orang bicara
- jangan makan sambil bicara
- jangan meludah disembarang tempat
- orang yang lebih muda menghormati orang yang lebih tua
- bersikap rukun dengan siapa saja
- norma kesusilaan :
- selalu bersikap dan bertingkah laku jujur
- tidak memfitnah orang lain
- tidak menghina orang lain
- menolong orang yang kesusahan
- larangan untuk berzina
- norma hukum :
- dilarang membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain karena bertentangan dan melanggar pasal 338 KUHP
- dilarang mengganggu ketertiban umum
- dilarang mencuri karena bertentangan dan melanggar pasal 362 KUHP
- Sumber masing-masing norma
- Sebagaimana telah dijelaskan diatas, norma agama bersumber dari wahyu atau kitab suci, norma kesopanan bersumber dari lingkungan masyarakat, norma kesusilaan bersumber dari hati nurani, norma hukun bersumber dari negara
- Metode
Ceramah
bervariasikan tanya jawab, inquiry,mind map, penugasan, dan diskusi
kelas
- Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1
Pendahuluan
( 10 menit )
- Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas ) dengan
menanamkan
nilai
religius, disiplin dan kerja sama
- motivasi
penjajakan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang akan dibahas dengan
berfikir kritis, logis dan jujur.
Contoh
: apa yang dimaksud dengan norma?
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang pengertian norma dan tujuan norma secara mandiri dan tanggung jawab
- Siswa mencermati skema, bagan yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru secara mandiri dan penuh percaya diri
- Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa secara mandiri dan penuh percaya diri
- Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS dengan berfikir kritis, percaya diri dan saling menghargai
- Siswa menerima LKS yang dibagikan guru dengan penuh tanggung jawab
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
- Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam msyarakat, khususnya sub tentang pengertian norma, tujuan norma secara mandiri dan penuh tanggung jawab
- Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS dengan berfikir kreatif, logis dan kerja sama.
- Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru dengan penuh percaya diri, berfikir kritis dan rasa ingin tahu.
- Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok berdasakan kerja sama, jujur, percaya diri dan bertanggung jawab.
- kelompok 1 mendiskusikan tentang pengertian norma
- kelompok 2 mendiskusikan tentang tujuan norma
- Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok dengan penuh percaya diri, kerja sama,dan saling menghargai.
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
- Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang pengertian norma dan tujuan norma dengan berfikir kritis, logis, mandiri dan kerja sama
Pengertian
norma
- Norma adalah aturan atau kaidah yang di gunakan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat.
- Tujuan norma
Adalah
untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian di dalam masyarakat
- Siswa mendapat tugas dari guru untuk mempelajari materi pertemuan yang akan datang secara mandiri dan penuh tanggung jawab.
Pertemuan
2
Pendahuluan
( 10 menit )
- Apersepsi
kesiapan
kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas ) dengan
menanamkan
nilai
religius, disiplin, kerja sama dan tanggung jawab.
- Motivasi
Penjajakan
keiapan belajar siswa dengan memberikan prtanyaan tentang materi yang
lalu dan yang akan diajarkan dengan
berfikir kritis, logis dan jujur
- Jelaskan tujuan dari norma!
- Jelaskan fungsi norma!
- Sebutkan macam-macam norma!
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentangfungsi norma dan macam-macam norma yang ada dalam masyarakat secara mandiri dan penuh tanggung jawab.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
- Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut dengan penuh percaya diri, kreatif dan penuh tanggung jawab.
- Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa secara mandiri dan penuh percaya diri.
- Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS dengan penuh percaya diri, kritis, dan saling menghargai.
- Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS dengan berfikir kreatif, logis, dan bertanggung jawab.
- Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS dengan penuh percaya diri, kritisdan rasa ingin tahu yang tinggi.
- Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan diskusi kelas yang difasilitasi oleh guru kreatif, inovatif dan kerja sama.
- Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok dengan penuh percaya diri, kerja sama dan saling menghargai.
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
- Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru menyimpulkan materi pelajaran setelah presentasi dengan berfikirkritis, logis dan tanggung jawab.
- Fungsi norma
Adalah
untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seseorang harus
bertindak dalam masyarakat serta perbuatan-perbuatan mana yang harus
dijalankan dan mana yang harus ditinggalkan atau dihindari.
- Macam-mcam norma
Macam-macam
norma terdiri atas:
- norma agama yaitu peraturan yang berisi perintah dan larangan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama bersumber dari kitab suci. Pelanggaran terhadap norma agama berupa sanksi siksaan Tuhan di akhirat kelak.
- Norma kesopanan yaitu peraturan hidup yang timbul dari pergaulan hidup manusia dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan pergaulan hidup sehari-hari. Norma kesopanan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan seseorang dalam masyarakat. Sansi dari pelanggaran norma kesopanan berupa celaan dan pengucilan dari lingkungan masyarakat.
- Norma kesusilaan yaitu peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia yang menjadi pedoman sikap dan perbuatannya. Norma kesusilaan dapat digunakan untuk menetapkan baik buruknya suatu perbuatan manusia dan turut memelihara ketertiban manusia dalam masyarakat. Sanksi pelanggaran norma kesusilaan adalah adanya rasa malu dan menyesal terhadap dirinya sendiri.
- Norma hokum yaitu aturan tertulis maupun tidak tertulis yang berisi perintah atau larangan yang memaksa dan akan menimbulkan sanksi yang tegas bagi setiap orang yang melanggarnya. Peraturan ini dibuat oleh penguasa Negara, isinya mengikat semua warga Negara. Pelaksanaannya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat Negara. Sanksi atas pelanggaran norma hokum adalah berupa ancaman hukuman ( kurungan, denda, penyitaan, dll )
- Siswa mendapat tugas untuk mempelajari materi pertemuan yang akan datang secara mandiri,dan bertanggung jawab.
Pertemuan
3
Pendahuluan
( 10 menit )
- Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas ) menanamkan
nilai religious, disiplin dan kerja sama.
- Motivasi
Penjajakan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang lalu dan yang akan datang
dengan berfikir kritis,logis dan jujur.
- sebutkan macam-macam norma!
- Sebutkan sanksi apabila melanggar norma hokum!
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang sanksi norma dan akibat yang ditimbulkan apabila melanggar norma secara mandiri, percaya diri dan bertnggung jawab.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
- guru menjelaskan konsep tentang sanksi norma dan akibat yang ditimbulkan karena pelanggaran norma secaramandiri dan penuh percaya diri.
- Siswa menyimak penjelasan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan materi tersebut berfikir secara kritis, inovatif dan tanggung jawab.
- Siswa mengerjakan tugas yang ada di dalam LKS dengan mandiri dan tanggung jawab.
- Dengan dibimbing oleh guru, siswa membahas latihan soal-soal yang telah dikerjakan tersebut dengan pennuh percaya diri, logis dan kerja sama.
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
- Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sanksi norma dan akibat yang ditimbulkan karena melanggar norma secara kritis, ligis mandiri dan kerja sama.
- Sanksi norma
Sebagaimana
telah dijelaskan diatas, sanksi terhadap pelanggaran norma adalah :
- norma agama berupa siksaan dari Tuhan kelak di akhirat
- norma kesopanan berupa celaan dan pengucilan dari masyarakat lingkungannya
- norma kesusilaan berupa rasa menyesal,malu, was-was, dll
- norma hukum berupa ancaman hukuman ( kurungan, denda, penyitaan, dll )
- Akibat yang ditimbulkan dengan adanya pelanggaran norma
- adanya pelanggaran hak
- meningkatnya angka kejahatan
- terciptanya keresahan dalam masyarakat
- hilangnya rasa keadilan dalam masyarakat
- tumbuhnya sikap saling mencurigai
- adanya konflik yang berbau SARA
- tindak lanjut dengan memberi tugas rumah mempelajari materi yang akan datang secara mandiri, disiplin dan tanggung jawab
Pertemuan
4
Pendahuluan
( 10 menit )
- Apersepsi
Kesiapan
kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas ) dengan
berdo’a,
disiplin dan kerja sama.
- Motivasi
Penjajakan
keiapan belajar siswa dengan memberikan prtanyaan tentang materi yang
lalu dan yang akan diajarkan dengan
berfikir kritis, logis dan jujur
- sebutkan akibat yang ditimbulkan dari perlaku melanggar norma
- berikan contoh-contoh norma hukum
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang contoh-contoh norma dan sumber masing-masing norma secara mandiri, percaya diri dan tanggung jawab.
- Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi tersebut secara mandiri dan penuh percaya diri.
- Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa secara mandiri, penuh percaya diri.dan tanggung jawab
- Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh gurui denganberfikir kritis, disiplin dan kerja sama
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
- Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru dengan kreatif, inovatif, kerja sama dan bertanggung jawab
- Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas soal dengan kreatif, ,kerja sama dan bertanggung jawab
- Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang contoh-contoh norma dan sumber masing-nasing norma secara mandiri dan tanggung jawab.
- Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal tersebut dengan penuh kreatif dan kerjasama.
- Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru secara diri mandiri dan penuh percaya
- Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai contoh-contoh dan sumber masing-masing norma secara mandiri dan penuh tanggung jawab
- Siswa berpikir mengerjakan tugas-tugas kelompok dengan secara logis,inovotif dan kerjasama.
- Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok dengan penuh percaya diri,kerjasama dan saling menghargai.
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
- Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materitentang contoh-contoh norma dan sumber masing-masing norma dengan berpikir kritis,logis,mandiri dan kerja sama
Contoh-contoh
norma
- norma agama:
- larangan untuk melukai dan membunuh ( semua ajaran agama )
- dilarang untuk mencuri, berzina, bermabuk-mabukan dan berkata kotor
- perintah untuk berbakti kepada orang tua
- larangan untuk meninggalkan ibadah karena akan mendapat dosa
- perintah untuk menghormati orang yang lebih tua
- norma kesopanan:
- jangan menyela orang bicara
- jangan makan sambil bicara
- jangan meludah disembarang tempat
- orang yang lebih muda menghormati orang yang lebih tua
- bersikap rukun dengan siapa saja
- norma kesusilaan :
- selalu bersikap dan bertingkah laku jujur
- tidak memfitnah orang lain
- tidak menghina orang lain
- menolong orang yang kesusahan
- larangan untuk berzina
- norma hukum :
- dilarang membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain karena bertentangan dan melanggar pasal 338 KUHP
- dilarang mengganggu ketertiban umum
- dilarang mencuri karena bertentangan dan melanggar pasal 362 KUHP
Sumber
masing-masing norma
Sebagaimana
telah dijelaskan diatas, norma agama bersumber dari wahyu atau kitab
suci, norma kesopanan bersumber dari lingkungan masyarakat, norma
kesusilaan bersumber dari hati nurani, norma hukun bersumber dari
negara
- Siswa mempelajari materi untuk pertemuan yang akan datang secara mandiri dan bertanggung jawab
- Alat/Sumber Belajar
- Buku teks siswa kelas VII
- Buku Pengayaan siswa kelas VII
- Contoh norma,
- Orang tua
- Tokoh masyarakat setempat
- artikel/berita di media massa
- Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian
tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sedangkan untuk
pertemuan ke-1 s.d. 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan
tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan
tugas-tugas.
Adapun
teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes
uraian dan pilihan ganda,
No comments:
Post a Comment