RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 3
Sekolah :
SMP
Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar
kompetensi :
2.
Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi
Dasar : 2.3
Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
Indikator
- Menjelaskan makna proklamasi bagi bangasa Indonesia
- Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
Alokasi
waktu : 2X 40 menit (1 X pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan
siswa dapat
:
1.
Menjelaskan makna proklamasi
bagi
bangsa Indonesia secara
mandiri dan penuh percaya diri
2.
Menjelaskan hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945denganberfikir
logis,
kreatifdan
inovatif
B.
Materi Pembelajaran
1.
Makna proklamasibagi bangsa Indonesia
-
merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia
-
jembatan emas menuju cita-cita nasional
-
titik jebloknya hokum colonial dan berlakunya hokum nasional
-
tonggak berdirinya NKRI
2.
Hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
-
proklamasi merupakan pernyataan kemerdekaan secara padat dan singkat,
maka pembukaan UUD 1945 merupakan penegasan secara rinci dari
proklamasi
-
pembukaan UUD 1945 menjabarkan proklamasi yaitu tentang dasar Negara,
bentuk Negara, tujuan Negara, serta system pemerintahan Negara. Jadi
pembukaan UUD 1945 merupakan langkah untuk melaksanakan amanat
proklamasi.
Ceramah
bervariasi, diskusi
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
metode
|
||||
kelas
|
waktu
|
|
|||||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi kebersihan,
kelas
,
dengan
berdo’a,dan membaca Pancasila
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan
dengan
berfikir
kritis, logis dan jujur
jelaskan
makna proklamasi bagi bangsa Indonesia!
jelaskan
bagaimana hubungan proklamasi dengan UUD 1945!
c.Informasi
kompetensi yang akan dicapaisecara
mandiri disiplin dan bertanggung jawab
Kegiatan Inti
a.
Tanya jawab dan penjelasan tentang makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia dan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
dengan
berfikirkritis, kreatif,penuh percaya diri
b. Kajian
pustaka dengan menelaah teks proklamasi dan
UUD
1945
dengan
berfiki,r kritis, logis,mandiridan
Kerjasama
c. Membagi
siswa menjadi 4 kelompok, masing-masinterdiri
dari
5 orang
dengan
berfikir kritis,kreatif dan inovatif
d. Masing-masing
kelompok membahas mendiskusikan
makna
proklamasi dan hubungan antara proklamasi
dengan
UUD 1945
dengan
berfikir kritis,kreatif dan
inovatif,
kerjasam
e. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
dan
ditanggapi oleh kelompok lain
dengan
berfikir
kritis,kreatif
dan inovatif,kerjasama dan saling
menghargai
f. Guru
melakukan pelurusan dan pembenaran m
dengan
berfikir
kritis,kreatif dan inovatif
|
|
10
menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
Diskusi,
yaitu tentang: dengan
berfikir kritis,kreatif dan inovatif dan kerjasama
1.
Makna proklamasibagi bangsa Indonesia
-
merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia
-
jembatan emas menuju cita-cita nasional
-
titik jebloknya hokum colonial dan berlakunya hokum nasional
-
tonggak berdirinya NKRI
2.
Hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
-
proklamasi merupakan pernyataan kemerdekaan secara padat dan
singkat, maka pembukaan UUD 1945 merupakan penegasan secara rinci
dari proklamasi
-
pembukaan UUD 1945 menjabarkan proklamasi yaitu tentang dasar
Negara, bentuk Negara, tujuan Negara, serta system pemerintahan
Negara. Jadi pembukaan UUD 1945 merupakan langkah untuk
melaksanakan amanat proklamasi.
b.
Reflexi
dan Tindak lanjut dengan pemberian tugas
untuk
mempersiapkan materi berikutnya
untuk
mengetahui
kelebihan dan kekurangan dengan
penuh
kejujuran
|
|
10
menit
|
|
E.
Sumber belajar
- Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
- Buku-buku Tkas Resmi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, Teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang PPKI
- Nara Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
- UUD 1945
F.
Penilaian
Soal-soal
Uraian
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1.
Jelaskan
makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
2.
Jelaskan
hubungan antara proklamasi dengan pembukaan UUD 1945!
3.
Bunyi pembukaan UUD 1945 alenea ke tiga pada dasarnyamengandung
pengakuan
nilai
relegius dan nilai moral. Jalaskan maksudnya!
- Sebutkan empat nilai yang terkandung di dalam konstitusi !
- Jelaskan tanggung jawab bangsa Indonesia terhadap perjuangan para pahlawan
kemerdekaan
Indonesia!
No comments:
Post a Comment