Monday, April 29, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7 RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7
RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4 
 

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I

Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.4. Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi
kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama

Indikator :
  • menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
  • menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
  • menunjukkan terhadap pewarisan nilai-nilai 1945 (semangat perjuangannya)
  • menentukan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan


Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
4. menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan

B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
- menghormati bendera merah putih
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun tujuan khusus
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
- menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
- menghargai perbedaan pendapat
- menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
- mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
- menaati tata tertib sekolah
- Giat belajar
- Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum
C. Metode
Ceramah bervariasi , penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
Kelas
Waktu


1.










2.













3




Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan, dengan berdo’a,disiplin,dan kerjasama
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
dengan berfikir kritis, logis dan jujur
bagaimana hubungan antara proklamasi dengan UUD 194
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai dengan
berfikir kritis, logis dan kerjasama
Kegiatan Inti
a. guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencaai kemerdekaan. Dengan berfikir kritis, logis dan jujur

b. Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat. dengan berfikir kreatifs, logis dan bertanggung jawab

c. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi dengan kreatif,
berfikir kritis, logis, inovatif dan bertanggung jawab

d. Guru memberikan pelurusan. dengan berfikir kritis,
logis, jujur dan bertanggung jawab

e. guru meminta beberapa siswa untuk memberikan
penilaian terhadap kemerdekaan yang dirasakannya
dengan logis dan jujur

Penutup :
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dilakukan dengan berfikir kritis, logis dan
jujur
Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia
dalam mencapai kemerdekaan kreatif, inovatif dan kerjasama
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
- menghormati bendera merah putih
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
- bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun tujuan khusus



10 menit











60 menit













10 menit







Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
kelas
Waktu

1.












2.








3.

Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
1. bagaimana sikapmu jika melihat makam para pahlawan yang tak dikenal ?
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a . Guru menjelaskan kembalsecara singkat tentang nilai-nilai 45 dan hubunganya dengan kehidupan masa kini
b. guru membagi kelas menjaqdi 8 kelompok
c. tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai 45 dalam mengisikemerdekaan
d. Beberapa kelompok mempresentasikan hail diskusi
e. Kelomok lain menanggapi
f. Guru memberikan pelurusan
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
1. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
- menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
- menghargai perbedaan pendapat
- menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
2. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
- mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
- menaati tata tertib sekolah
- Giat belajar
- Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum
b. siswa mengisi kuisioner: Ceklist (V)

10 menit







60 menit






10 menit

E. Sumber belajar
  • Buku Teks Siswa kelas VII
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
  • Artiel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

YA

TDK
1
Proklamasi membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


4
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945







Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment