RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7
RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4 
Sekolah			:
SMP
Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran 		: Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester		:
VII / I
Standar
kompetensi	:
2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi
pertama
Kompetensi
Dasar		: 2.4.
Menunjukkan
si kap positif terha dap makna prok lamasi 
                                               
     kemerde
kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama
Indikator
                           :  
- menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
- menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
- menunjukkan terhadap pewarisan nilai-nilai 1945 (semangat perjuangannya)
- menentukan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
Alokasi
waktu		: 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A.
Tujuan  Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1.
Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam
mencapai kemerdekaan
2.
Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3.
Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
4.
menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati
jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
-
menghormati bendera merah putih
2.
Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun
tujuan khusus
3.
Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
-
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
-
menghargai perbedaan pendapat
-
menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
4.
Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
-
mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
-
menaati tata tertib sekolah
-
Giat belajar
-
Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum
Ceramah
bervariasi , penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan
1  
| 
No | 
Kegiatan
			Belajar | 
Pengelolaan | 
Metode | ||||
| 
Kelas | 
Waktu |  | |||||
| 
1. 
2. 
3 | 
Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, 
			        kebersihan,
			dengan
			berdo’a,disiplin,dan kerjasama b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan 
			        pertanyaan
			tentang materi yang   telah diajarkan
			
			 
			       dengan
			 berfikir kritis, logis dan jujur 
bagaimana
			hubungan antara proklamasi dengan 
			UUD
			194 
			     c.
			 Informasi kompetensi yang akan dicapai
			dengan
			 
			 
			         berfikir
			kritis, logis dan kerjasama 
			  Kegiatan
			 Inti 
a.
			guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang
			dilakukan para pahlawan untuk mencaai kemerdekaan.
			Dengan berfikir kritis, logis dan jujur 
b.
			 Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat
			karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
			dengan  berfikir kreatifs, logis dan bertanggung jawab 
c.
			 Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya,
			siswa lain menanggapi
			dengan kreatif, 
			        berfikir
			kritis, logis, inovatif dan bertanggung jawab 
d.
			  Guru memberikan pelurusan. dengan
			 berfikir kritis, 
			 
			      logis,
			 jujur dan bertanggung jawab 
e.
			guru meminta beberapa siswa untuk memberikan  
			 
			   penilaian
			terhadap
			kemerdekaan yang dirasakannya
			    
			 
			   dengan
			logis dan jujur 
Penutup
			: 
			    Guru
			bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran 
			
			 
			    yang
			 telah dilakukan
			dengan
			berfikir kritis, logis dan 
			 
			    jujur 
Sikap
			positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia 
			dalam
			mencapai kemerdekaan
			kreatif,
			inovatif dan kerjasama 
-
			bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 
-menghormati
			jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia 
-
			menghormati bendera merah putih 
2.
			Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
			
			 
-
			bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 
-
			berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun
			tujuan khusus |  | 
10
			 menit 
60
			menit 
10
			menit |  | |||
Pertemuan
2 
| 
No | 
Kegiatan
			Belajar | 
Pengelolaan | 
Metode | ||||
| 
kelas | 
Waktu |  | |||||
| 
1. 
2. 
3. | 
Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan, 
			        kelas
			 dll) b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan 
			        pertanyaan
			secara lisan  tentang materi yang   sudah  diajarkan 
1.
			bagaimana sikapmu jika melihat makam para pahlawan yang tak
			dikenal ? 
			    c.
			Informasi kompetensi yang akan dicapai 
			Kegiatan
			 Inti 
			   a
			. Guru menjelaskan kembalsecara singkat tentang nilai-nilai 45 dan
			hubunganya dengan kehidupan masa kini 
			   b.
			guru membagi kelas menjaqdi 8 kelompok 
			 
			    c.
			tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai 45
			dalam mengisikemerdekaan 
			    d.
			Beberapa kelompok mempresentasikan hail diskusi 
			 
			    e.
			Kelomok lain menanggapi 
			    f.
			Guru memberikan pelurusan 
Penutup 
			   a.
			Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran 
1.
			Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
			perjuanganya) 
-
			menjaga persatuan dan kesatuan bangsa 
-
			menghargai perbedaan pendapat 
-
			menjunjung tinggi sikap toleransi beragama 
2.
			 Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan 
-
			mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif 
-
			menaati tata tertib sekolah 
-
			Giat belajar 
-
			Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum 
			   b.
			siswa mengisi kuisioner: Ceklist (V) |  | 
10
			 menit 
60
			menit 
10
			menit |  | |||
E.
Sumber belajar
- Buku Teks Siswa kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
- Artiel-artikel, teks Proklamasi
F.
Penilaian
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
| 
NO | 
PERNYATAAN | 
YA | 
TDK | 
| 
1 | 
Proklamasi
			membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia |  |  | 
| 
2 | 
Di
			negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja |  |  | 
| 
3 | 
Pada
			saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa
			Indonesia belum mempunyai presiden |  |  | 
| 
4 | 
UUD
			1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI |  |  | 
| 
5 | 
Penetapan
			UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945 |  |  | 
|  |  |  |  | 
Keterangan:
Ya=
sependapat
dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika
pernyataan negatif)
Tdk=tidak
sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan
skor 1 jika pernyataan negatif)
 
No comments:
Post a Comment