RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 7
RPP PKn SMP RPP 2 Bagian 4
Sekolah :
SMP
Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I
Standar
kompetensi :
2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi
pertama
Kompetensi
Dasar : 2.4.
Menunjukkan
si kap positif terha dap makna prok lamasi
kemerde
kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama
Indikator
:
- menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
- menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
- menunjukkan terhadap pewarisan nilai-nilai 1945 (semangat perjuangannya)
- menentukan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
Alokasi
waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1.
Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam
mencapai kemerdekaan
2.
Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3.
Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
4.
menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati
jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
-
menghormati bendera merah putih
2.
Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun
tujuan khusus
3.
Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
-
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
-
menghargai perbedaan pendapat
-
menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
4.
Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
-
mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
-
menaati tata tertib sekolah
-
Giat belajar
-
Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum
Ceramah
bervariasi , penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Pengelolaan
|
Metode
|
||||
Kelas
|
Waktu
|
|
|||||
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan,
dengan
berdo’a,disiplin,dan kerjasama
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
tentang materi yang telah diajarkan
dengan
berfikir kritis, logis dan jujur
bagaimana
hubungan antara proklamasi dengan
UUD
194
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
dengan
berfikir
kritis, logis dan kerjasama
Kegiatan
Inti
a.
guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang
dilakukan para pahlawan untuk mencaai kemerdekaan.
Dengan berfikir kritis, logis dan jujur
b.
Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat
karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
dengan berfikir kreatifs, logis dan bertanggung jawab
c.
Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya,
siswa lain menanggapi
dengan kreatif,
berfikir
kritis, logis, inovatif dan bertanggung jawab
d.
Guru memberikan pelurusan. dengan
berfikir kritis,
logis,
jujur dan bertanggung jawab
e.
guru meminta beberapa siswa untuk memberikan
penilaian
terhadap
kemerdekaan yang dirasakannya
dengan
logis dan jujur
Penutup
:
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
yang
telah dilakukan
dengan
berfikir kritis, logis dan
jujur
Sikap
positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia
dalam
mencapai kemerdekaan
kreatif,
inovatif dan kerjasama
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-menghormati
jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia
-
menghormati bendera merah putih
2.
Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
-
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
berusaha untuk mewujudkan tujuan Negara baik tujuan umum maupun
tujuan khusus
|
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
|
Pertemuan
2
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Pengelolaan
|
Metode
|
||||
kelas
|
Waktu
|
|
|||||
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas
dll)
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
1.
bagaimana sikapmu jika melihat makam para pahlawan yang tak
dikenal ?
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan
Inti
a
. Guru menjelaskan kembalsecara singkat tentang nilai-nilai 45 dan
hubunganya dengan kehidupan masa kini
b.
guru membagi kelas menjaqdi 8 kelompok
c.
tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai 45
dalam mengisikemerdekaan
d.
Beberapa kelompok mempresentasikan hail diskusi
e.
Kelomok lain menanggapi
f.
Guru memberikan pelurusan
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
1.
Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat
perjuanganya)
-
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
-
menghargai perbedaan pendapat
-
menjunjung tinggi sikap toleransi beragama
2.
Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
-
mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif
-
menaati tata tertib sekolah
-
Giat belajar
-
Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum
b.
siswa mengisi kuisioner: Ceklist (V)
|
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
|
E.
Sumber belajar
- Buku Teks Siswa kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
- Artiel-artikel, teks Proklamasi
F.
Penilaian
Petunjuk!
Berilah
tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TDK
|
1
|
Proklamasi
membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia
|
|
|
2
|
Di
negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja
|
|
|
3
|
Pada
saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa
Indonesia belum mempunyai presiden
|
|
|
4
|
UUD
1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI
|
|
|
5
|
Penetapan
UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Ya=
sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika
pernyataan negatif)
Tdk=tidak
sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan
skor 1 jika pernyataan negatif)
No comments:
Post a Comment