Monday, April 29, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
(RPP 2 Bagian 2) 


Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I  (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2)
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
Indikator :
  • Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945
  • Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan dengan singkat suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara mandiri dan tanggung jawab
2. Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dengan berfikir kreatif,inovatif dan percaya diri
B. Materi Pembelajaran
1. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
UUD Negara manapun tidak dapat kalau hanya dibaca teksnya saja, untuk mengerti maksudnya kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya teks tersebut, harus diketahui keterangannya dan juga harus diketahui dalam suasana bagaimana teks tersebut dibuat
2. Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
- menetapkan RPHD sebagai pembukaan hokum dasar (penbukaan UUD 1945) yang didalamnya dimuat rumusan Pancasila
- menetapkan RHD sebagai hokum dasar (batang tubuh UUD 1945)
- untuk sementara waktu presiden dibantu sebuah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
- memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden
- menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
- sebelum terbentuknya MPR/ DPR tugas Presiden dibantu oleh KNIP

C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi, inkuiri, penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
metode
kelas
waktu

1.











2.










3



Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dengan berdoa,disiplin dan kerjasama
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
dengan berfikir kritis,logis dan jujur
1. kapan negara Indonesia memiliki UUD ?
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
secara mandiri
dan tanggung jawab
Kegiatan Inti
a. Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus1945 denganberfikir kritis,logis dan saling menghargai.
b. Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar ( buku, artikel, naskah pidato ) tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara kreatif,inovatif ,mandiri dan kerjasama
c. Melakukan diskusi dengan tema suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dengan berfikir kritis,kreatif dan inovatif
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sementara kelompok lain menanggapi secara mandiri disiplin dan tanggung jawab
Penutup :
1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi, yaitu Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dengan berfikir kritis,logis,mandiri dan kerjasama
UUD Negara manapun tidak dapat kalau hanya dibaca teksnya saja, untuk mengerti maksudnya kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya teks tersebut, harus diketahui keterangannya dan juga harus diketahui dalam suasana bagaimana teks tersebut dibuat
2. Tindak lanjut dengan memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab

10
menit











60 menit










10 menit













Pertemuan 2 (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2)
No
Kegiatan Belajar
pengeloaan
metode
kelas
waktu

1.












2.













3.

Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan kelas, dengan berdoa,disiplin dan kerjasama
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan dengan berfikir kritis,logis dan jujur
c. Melaskan bagaimana gambaran suasana sidang PPKI
tanggal 18 agustus 1945 dengan berfikir kritis,logis dan
jujur
d. Informasi kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti
a .Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber ( buku teks siswa ) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 denganberfikir kritis,logis dan saling menghargai.
b. Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI
tanggal 18 Agustus 1945. secara kreatif,inovatif
,mandiri dan kerjasama
c. Siswa dengan difasilitasi guru, berusaha
mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang
telah dilakukan sebelumnya. dengan berfikir
kritis,kreatif dan inovatif
d. Siswa mengerjakan tugas-tugas individu

Penutup
a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentanghasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. dengan berfikir kritis,logis,mandiri dan kerjasama
b. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab

10 menit








60 menit







10 menit


E. Sumber belajar
  • Buku Teks Siswa kelas VII
  • UUD 1945
  • Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
  • Artiel-artikel, teks Proklamasi
  • Nara sumber ( saksi hidup )
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian berstruktur.


Soal Uraian (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2) :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
  1. Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
  2. Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
  3. Jelaskan pokok pikiran keempat yanh terkandung dalam pembukaan UUD 1945!
  4. Tuliskan tujuan Negara yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945!
  5. Sebutkan tiga nilai yuridis dari UUD 1945!
Contoh soal lisan selama dalam proses pembelajaran :
  1. Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemipimpin ( presiden ) ?
  2. Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
  3. Lembaga negara apakah yang berwenang memilih pemimpin ( presiden ) dan menetapkan konstitusi untuk yang pertama kali ?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment