RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
(RPP 2 Bagian 2)
Sekolah :
SMP
Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2)
Standar
kompetensi :
2.
Mendeskripsikan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi
Dasar : 2.2.
Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
Indikator :
- Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945
- Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Alokasi
waktu : 4
X 40 menit (2 X pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1.
Menjelaskan dengan singkat suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945
secara mandiri dan tanggung jawab
2.
Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
dengan berfikir kreatif,inovatif dan percaya diri
B.
Materi Pembelajaran
1.
Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
UUD
Negara manapun tidak dapat kalau hanya dibaca teksnya saja, untuk
mengerti maksudnya kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya
teks tersebut, harus diketahui keterangannya dan juga harus diketahui
dalam suasana bagaimana teks tersebut dibuat
2.
Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
-
menetapkan RPHD sebagai pembukaan hokum dasar (penbukaan UUD 1945)
yang didalamnya dimuat rumusan Pancasila
-
menetapkan RHD sebagai hokum dasar (batang tubuh UUD 1945)
-
untuk sementara waktu presiden dibantu sebuah Komite Nasional
Indonesia Pusat (KNIP)
-
memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai
wakil presiden
-
menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
-
sebelum terbentuknya MPR/ DPR tugas Presiden dibantu oleh KNIP
Ceramah
bervariasi, diskusi, inkuiri, penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Pengelolaan
|
metode
|
||||
kelas
|
waktu
|
|
|||||
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas
dengan
berdoa,disiplin dan kerjasama
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
tentang materi yang telah diajarkan
dengan
berfikir kritis,logis dan jujur
1.
kapan negara Indonesia memiliki UUD ?
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai secara mandiri
dan
tanggung jawab
Kegiatan
Inti
a.
Tanya
jawab dan penjelasan tentang suasana sidang
PPKI
tanggal
18
Agustus1945
denganberfikir
kritis,logis dan saling menghargai.
b.
Kajian
pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar ( buku, artikel,
naskah pidato ) tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945
secara kreatif,inovatif ,mandiri dan kerjasama
c.
Melakukan diskusi dengan tema suasana sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945
dengan berfikir kritis,kreatif dan inovatif
d.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sementara
kelompok lain menanggapi
secara mandiri disiplin dan tanggung jawab
Penutup
:
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi, yaitu
Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
dengan berfikir kritis,logis,mandiri dan kerjasama
UUD
Negara manapun tidak dapat kalau hanya dibaca teksnya saja, untuk
mengerti maksudnya kita harus mempelajari juga bagaimana
terjadinya teks tersebut, harus diketahui keterangannya dan juga
harus diketahui dalam suasana bagaimana teks tersebut dibuat
2.
Tindak lanjut dengan memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan
diskusi minggu berikutnya
secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab
|
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
|
|||
|
|
|
|
|
Pertemuan
2 (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2)
No
|
Kegiatan
Belajar
|
pengeloaan
|
metode
|
||||
kelas
|
waktu
|
|
|||||
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan
kelas,
dengan
berdoa,disiplin dan kerjasama
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
dengan berfikir kritis,logis dan jujur
c.
Melaskan
bagaimana gambaran suasana sidang PPKI
tanggal
18 agustus 1945
dengan berfikir kritis,logis dan
jujur
d.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan
Inti
a
.Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber ( buku teks siswa )
tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
denganberfikir kritis,logis dan saling menghargai.
b.
Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI
tanggal
18 Agustus 1945.
secara kreatif,inovatif
,mandiri
dan kerjasama
c.
Siswa dengan difasilitasi guru, berusaha
mengklarifikasi
tentang hasil-hasil tanya jawab yang
telah
dilakukan sebelumnya.
dengan berfikir
kritis,kreatif
dan inovatif
d.
Siswa mengerjakan tugas-tugas individu
Penutup
a.
Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman
materi tentanghasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
dengan berfikir kritis,logis,mandiri dan kerjasama
b.
Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari
pada minggu berikutnya
secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab
|
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
|
E.
Sumber belajar
- Buku Teks Siswa kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
- Artiel-artikel, teks Proklamasi
- Nara sumber ( saksi hidup )
F.
Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian
tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk
pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan
jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan
tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian
berstruktur.
Soal
Uraian (rpp pkn smp kelas 7 rpp 2 bagian 2) :
Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar !
- Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
- Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
- Jelaskan pokok pikiran keempat yanh terkandung dalam pembukaan UUD 1945!
- Tuliskan tujuan Negara yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945!
- Sebutkan tiga nilai yuridis dari UUD 1945!
Contoh
soal lisan selama dalam proses pembelajaran :
- Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemipimpin ( presiden ) ?
- Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
- Lembaga negara apakah yang berwenang memilih pemimpin ( presiden ) dan menetapkan konstitusi untuk yang pertama kali ?
No comments:
Post a Comment