Monday, April 29, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN 1 Bagian 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
(RPP 1 Bagian 3) 

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I (rpp pkn smp kelas 7 rpp 1 bagian 3)
Standar kompetensi :1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
Kompetensi Dasar : 1. 3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istia
dat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermayarakat, berbangsa dan bernegara
Indikator :
  • Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
  • Menganalisa akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat.

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan percaya diri dan tanggung jawab.
2. Menganalisa akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan berfikir kritis dan logis.

B. Materi Pembelajaran
1. Pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Agar dalam masyarakat tercipta kehidupan yang tertib,adil, damai dan sejahtera
  1. Akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat.
Apabila tidak menaati norma maka akan terjadi kehidupan yang anarkis, brutal, yang kuat akan menindas yang lemah serta terjadi pola kehidupan yang semena-mena

C. Metode
Ceramah bervariasi, bermain peran,diskusi, penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
kelas
Waktu


1.












2.

















Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan, kelas dll)
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan:
jelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yangberlaku dalam masyarakat berfikir kritis, logis dengan pijar.

c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
secara…disiplin dan tanggung jawab.
Kegiatan Inti
a. Membagi siswa menjadi 8 kelompok
berdasarkan kerja sama dan saling menghargai.
b. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
Memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dalam norma kesopanan misalnya dalam berbicara, menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainya. Dalam norma hukum misalnya memerankan orang yang melanggar hukum, dan akibatnya. (misal jika merokok, narkoba dan lainya). Kemudian memberikan solusi yang tepat menurut norma hukum. Peristiwa yang diperankan supaya menarik minat dalam KBM diupayakan yang seaktual mungkin dengan penuh percaya diri, kerja keras dan kerja sama.
c. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
memerankan adegan penerapan norma tersebut selama 7 menit dengan penuh percaya diri, kreatif dan saling menghargai.
d. Kelompok lain menanggapinya secara kritis, tanggug jawab, dan demo kratis



10menit




60 menit











3.
Penutup
a.Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi terhadap peran yang telah
ditampilkan. Kejujuran, kelebihan, kekurangan.
b. dengan dibimbing oleh guru, siswa membuat kesimpulan tentang Pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Agar dalam masyarakat tercipta kehidupan yang tertib,adil, damai dan sejahtera kejasama berfikir kritis, dan logis.

c. Memberi tugas rumah secara berkelompok guna
mempersiapkan materi yang akan datang berupa
kliping dari surat kabar tentang akibat jika melanggar
norma yang berlaku dalam masyarakat ( norma
kesopanan, norma agama, norma hukum) secara mandiri disiplin dan tanggung jawab.



10 menit


Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
kelas
Waktu


1.










2.






3.


Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
dengan berada,disiplin,dan kerja sama
kelas dll)
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah berfikir secara logis, bertanggung jawab.
diajarkan: jelaskan pentingnya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
secara melalui, berfikir kiritis dengan kerja sama
Kegiatan Inti
a Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil tugasnya dengan penuh percaya diri, kerjasama, dan saling menghormatin.
b. Kelompok lain menanggapinya secara kritis, demokratis, dan tanggung jawab
c. Klarifikasi dari guru tentang materi yang telah
dipresentasikan oleh masing-masing kelompok berdasarkan cara berfikir logis, kereatif dan normatif.

Penutup a. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok, yaitu akibat yang akan ditimbulkan apabila tidak menaati norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat. Apabila tidak menaati norma maka akan terjadi kehidupan yang anarkis, brutal, yang kuat akan menindas yang lemah serta terjadi pola kehidupan yang semena-mena.
b. Mengadakan post test kejujuran dan ….kelebihan keluarga.
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan
dipelajari pada minggu berikutnya



10 menit





60 menit




10 menit

E. Sumber belajar
  • Buku Teks Siswa kelas VII
  • Perilaku siswa dan guru
  • Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
1. Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Keaktifan
Pemahaman
Kerjasama
Jumlah
1





2





Dst






Keterangan
Aspek keaktifan diberi nilai maksimal = 40 , minilal = 10
Aspek pemahaman diberi nilai = 40, minimal = 10
Aspek kerja sama diberi nilai maksimal = 20, minimal = 10

Penilaian terhadap hasil kerja
No
Nama Siswa
Kesesuai materi dengan tugas
Komentar terhadap materi
Kerapihan
/penampilan
Jumlah
1





2





Dst






Keterangan
Aspek kesesuaian materi maksimal = 40 , minilal = 10
Aspek komentar = 40, minimal = 10
Aspek kerapihan/penampilan = 20, minimal = 10

No comments:

Post a Comment