RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
RPP PKN SMP 7 RPP 2 BAGIAN 1
Sekolah :
SMP
Negeri I Sutojayan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester :
VII / I RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 1
Standar
kompetensi :
2.
Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi
Dasar :
2.1
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
Indikator
- Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalammencapai kemerdekaan
- Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
- Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Alokasi
waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan
siswa dapat :
1.Menjelaskan
secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik
proklamasi
kemerdekaan
secara
mandiri dan bertanggung jawab.
2.
Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
dengan
percaya diri dan tanggung jawab
3.
Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
dengan
penuh kedisiplinan dan tanggung jawab.
4.
Menjelaskan sikap positif dalam mengisi kemerdekan dengan
penuh percaya diri
B.
Materi Pembelajaran
1.
Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
Tiga
setengah tahun sebelum kemerdekaan, jepang menjajah Indonesia.
Lepasnya jepang dari Indonesia karena negaranya di bom atom oleh
amerika serikat. Jadi dengan terpaksa jepang harus pulang ke
negaranya dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan ( vacum of
power). Dengan kekosongan kekuasaan itu dimanfaatkan oleh bangsa
Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaanya.
2.
Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Bagi
bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti
yang sangat penting:
-
sebagai puncak perjuangan bangsa dan Negara merdeka sekaligus titik
awal perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
-
Proklamasi menandai lahirnya Negara RI dan berlakunya tata hokum
Indonesia dan tidak berlakunya hokum colonial
-
proklamasi merupakan titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan
rakyat sekaligus titik awal sejarah pemerintahan indonesia
3.
Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Proklamasi
kemerdekaan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap dan
pemikiran bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu diharapkan dapat pula
tertanam pada diri kita semua sebagai generasi selanjutnya. Dengan
proklamasi kemerdekaan Indonesia kita sudah bebas dari penjajahan dan
bebas menentukan langkah selanjutnya sebagai sebuah bangsa.
Kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945
hendaknya menjadikan kita bersemangat untuk mengisinya. Partisipasi
rakyat sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia agar bangsa
dan negara Indonesia dikenal oleh dunia.
Ceramah
bervariasi, diskusi, inkuiri, penugasan
D.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan
belajar
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Pengelolaan
|
Metode
|
||||
Kelas
|
Waktu
|
|
|||||
1.
2.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas
dll)
dengan
berdo’a, disiplin, kerja sama
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan
1.
jelaskan bagaimana perjuangan bangsa Indonesia menjelang
detik-detik kemerdekaan!
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai secara mandiri dan tanggung jawab. Kegiatan Inti
Tanya
jawab dan penjelasan tentang perjuangan bangsa Indonesia menjelang
detik-detik proklamasi kemerdekaan dan makna pentingnya
kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
berfikir
logis, kreatif, dan kerjasama.
b.
Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi
tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
secara
mandiri dan tanggug jawab
c.
Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri dari 5
orang
dengan
penuh percaya diri, kerjasamadan saling menghargai.
d.
Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda
berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru
e.
Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah
Menguraikan
perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan
menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa dengan
berfikir kritis, inofatif, dan penuh kejujuran
f.
Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi
dengan percaya diri dan bekerjasama
|
|
10
menit
60
menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
Diskusi
yaitu:
1.
Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
secara logis,kreatif,mandiri dan kerjasama
Tiga
setengah tahun sebelum kemerdekaan, jepang menjajah Indonesia.
Lepasnya jepang dari Indonesia karena negaranya di bom atom oleh
amerika serikat. Jadi dengan terpaksa jepang harus pulang ke
negaranya dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan ( vacum of
power). Dengan kekosongan kekuasaan itu dimanfaatkan oleh bangsa
Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaanya
2.
Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Bagi
bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti
yang sangat penting:
-
sebagai puncak perjuangan bangsa dan Negara merdeka sekaligus
titik awal perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
-
Proklamasi menandai lahirnya Negara RI dan berlakunya tata hokum
Indonesia dan tidak berlakunya hokum colonial
-
Penderitaan rakyat sekaligus titik awal sejarah pemerintahan
Indonesia
b.
Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk
mempersiapkan
diskusi minggu berikutnya
secara
mandiri
dan penuh percaya diri.
|
|
10
menit
|
|
Pertemuan
2
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Pengelolaan
|
Metode
|
||||
Kelas
|
Waktu
|
|
|||||
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas
dll)
dengan
berdo’a, disiplin, kerjasama.
b. Memotivasi Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan
secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan
dengan
berfikir kritis, logis, dan juur.
1.
jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
c.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
secara
mandiri dan tanggung jawab
Kegiatan
Inti
a. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan
dilanjutkan dengan pembagian kelompok
(
menjadi 4 Kelompok )dengan
berfikir kritis,kerjasama dan saling menghargai
b.
Siswa disuruh menghitung angka 1- 4, siswa yang bernomor sama
berkumpul menjadi satu kelompok
dengan bekerjasama secara demokratis
c.
Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan
pertanyaan
yang berkaitan dengan pewarisan semangat
peroklamasi
kemerdekaan
dengan berfikir kreatif,mandiri dan kerjasama.
d.
Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,
sementara
kelompok lain menanggapi
dengan penuh percaya diri,kerjasama dan saling menghargai.
Penutup
a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru
Yaitu,
Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
dengan berfikir secara kritis,kreatif,logis,mandiri dan kerjasama
Proklamasi
kemerdekaan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap
dan pemikiran bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu diharapkan dapat
pula tertanam pada diri kita semua sebagai generasi selanjutnya.
Dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia kita sudah bebas dari
penjajahan dan bebas menentukan langkah selanjutnya sebagai sebuah
bangsa. Kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17
agustus 1945 hendaknya menjadikan kita bersemangat untuk
mengisinya. Partisipasi rakyat sangat dibutuhkan untuk membangun
bangsa Indonesia agar bangsa dan negara Indonesia dikenal oleh
dunia.
b.
Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai
saksi hidup Pahlawan Kemerdekaan
secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab
|
|
10
menit
70
menit
10
menit
|
|
E.
Sumber belajar
- Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
- Buku-buku Teks Resmi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, Teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang PPKI
- Nara Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
- UUD 1945
F.
Penilaian
Penilaian
dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian
tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk
pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan
jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan
tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian
berstruktur.
Soal-soal
Uraian
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan tepat !
- Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan !
- Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia !
- Meengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda ?
- Pada umumnya kemerdekaan bagi suatu bangsa mengandung makna tertentu.
Tuliskan
makna tersebut dua saja !
- Tuliskan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 !
- Bagaimana konsekuensi dari berdirinya sebuah Negara baru?
Contoh
soal-soal tes lisan dalam proses pembelajaran
- Siapakakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi !
- Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita ?
- Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah merdeka ?Demikain RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 1 Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment