Monday, April 29, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN RPP PKN SMP 7 RPP 2 BAGIAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
RPP PKN SMP 7 RPP 2 BAGIAN 1

Sekolah : SMP Negeri I Sutojayan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 1
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
Indikator
  • Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalammencapai kemerdekaan
  • Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
  • Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan

Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik
proklamasi kemerdekaan secara mandiri dan bertanggung jawab.
2. Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dengan percaya diri dan tanggung jawab
3. Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab.
4. Menjelaskan sikap positif dalam mengisi kemerdekan dengan penuh percaya diri

B. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
Tiga setengah tahun sebelum kemerdekaan, jepang menjajah Indonesia. Lepasnya jepang dari Indonesia karena negaranya di bom atom oleh amerika serikat. Jadi dengan terpaksa jepang harus pulang ke negaranya dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan ( vacum of power). Dengan kekosongan kekuasaan itu dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaanya.
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Bagi bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti yang sangat penting:
- sebagai puncak perjuangan bangsa dan Negara merdeka sekaligus titik awal perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
- Proklamasi menandai lahirnya Negara RI dan berlakunya tata hokum Indonesia dan tidak berlakunya hokum colonial
- proklamasi merupakan titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat sekaligus titik awal sejarah pemerintahan indonesia
3. Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Proklamasi kemerdekaan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap dan pemikiran bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu diharapkan dapat pula tertanam pada diri kita semua sebagai generasi selanjutnya. Dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia kita sudah bebas dari penjajahan dan bebas menentukan langkah selanjutnya sebagai sebuah bangsa. Kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945 hendaknya menjadikan kita bersemangat untuk mengisinya. Partisipasi rakyat sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia agar bangsa dan negara Indonesia dikenal oleh dunia.

C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi, inkuiri, penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
Kelas
Waktu


1.









2.

















Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll) dengan berdo’a, disiplin, kerja sama
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
1. jelaskan bagaimana perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik kemerdekaan!
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
secara mandiri dan tanggung jawab.

Kegiatan Inti
Tanya jawab dan penjelasan tentang perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan dan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia berfikir logis, kreatif, dan kerjasama.
b. Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan secara mandiri dan tanggug jawab
c. Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang dengan penuh percaya diri, kerjasamadan saling menghargai.
d. Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru
e. Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa dengan berfikir kritis, inofatif, dan penuh kejujuran
f. Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi dengan percaya diri dan bekerjasama



10 menit










60 menit












3.

Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
Diskusi yaitu:
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan secara logis,kreatif,mandiri dan kerjasama
Tiga setengah tahun sebelum kemerdekaan, jepang menjajah Indonesia. Lepasnya jepang dari Indonesia karena negaranya di bom atom oleh amerika serikat. Jadi dengan terpaksa jepang harus pulang ke negaranya dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan ( vacum of power). Dengan kekosongan kekuasaan itu dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaanya
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Bagi bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti yang sangat penting:
- sebagai puncak perjuangan bangsa dan Negara merdeka sekaligus titik awal perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
- Proklamasi menandai lahirnya Negara RI dan berlakunya tata hokum Indonesia dan tidak berlakunya hokum colonial
- Penderitaan rakyat sekaligus titik awal sejarah pemerintahan Indonesia
b. Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk
mempersiapkan diskusi minggu berikutnya secara
mandiri dan penuh percaya diri.





10 menit



Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Pengelolaan
Metode
Kelas
Waktu


1.












2.












3






Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll) dengan berdo’a, disiplin, kerjasama.
b. Memotivasi
Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkan dengan berfikir kritis, logis, dan juur.
1. jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai secara mandiri dan tanggung jawab

Kegiatan Inti a. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan dilanjutkan dengan pembagian kelompok
( menjadi 4 Kelompok )dengan berfikir kritis,kerjasama dan saling menghargai
b. Siswa disuruh menghitung angka 1- 4, siswa yang bernomor sama berkumpul menjadi satu kelompok dengan bekerjasama secara demokratis
c. Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan
pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan semangat
peroklamasi kemerdekaan dengan berfikir kreatif,mandiri dan kerjasama.
d. Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,
sementara kelompok lain menanggapi dengan penuh percaya diri,kerjasama dan saling menghargai.


Penutup a. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru
Yaitu, Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan berfikir secara kritis,kreatif,logis,mandiri dan kerjasama
Proklamasi kemerdekaan mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap dan pemikiran bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu diharapkan dapat pula tertanam pada diri kita semua sebagai generasi selanjutnya. Dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia kita sudah bebas dari penjajahan dan bebas menentukan langkah selanjutnya sebagai sebuah bangsa. Kemerdekaan RI yang diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945 hendaknya menjadikan kita bersemangat untuk mengisinya. Partisipasi rakyat sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia agar bangsa dan negara Indonesia dikenal oleh dunia.
b. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai saksi hidup Pahlawan Kemerdekaan secara mandiri,disiplin dan tanggung jawab


10 menit








70 menit







10 menit


E. Sumber belajar
  • Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
  • Buku-buku Teks Resmi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, Teks Proklamasi
  • Naskah Pidato sidang PPKI
  • Nara Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
  • UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian berstruktur.


Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
  1. Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan !
  2. Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia !
  3. Meengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda ?
  4. Pada umumnya kemerdekaan bagi suatu bangsa mengandung makna tertentu.
Tuliskan makna tersebut dua saja !
  1. Tuliskan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 !
  2. Bagaimana konsekuensi dari berdirinya sebuah Negara baru?
Contoh soal-soal tes lisan dalam proses pembelajaran
  1. Siapakakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi !
  2. Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita ?
  3. Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah merdeka ? 

    Demikain  RPP PKN SMP KELAS 7 RPP 2 BAGIAN 1 Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment